Best Sport news

SEBARKAN BERITA TER-AKTUAL DAN TERKINI

Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Pasar Modern

Pasar  modern ini merupakan pasar yang semua produknya di jual dengan harga pas jadi Anda tidak bisa melakukan proses tawar menawar. Semua produk yang di jual juga merupakan produk yang sudah pasti berkualitas. Pasar modern ini biasanya ada di sebuah perkotaan atau di pinggiran kota dan memiliki suasana yang nyaman. Produk yang di jual juga cukup beraham dari berbagai kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Terdapat beberapa contoh pasar modern yang ada di sekitaran kira contohnya Hypermart, Ramayana, Matahari Department Store, Hero, Carrefour, Indomaret, Alfamart, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Kelebihan Pasar Modern

  • Menjual Produk Berkualitas

Semua produk yang di jual di pasar ini harus bisa melewati standar kualitas yang sudah di tentukan, tujuannya supaya Anda ini bisa mendapatkan barang yang memiliki kualitas yang baik. Semua pedagang juga akan memberikan diskon supata barang mereka tetap bisa laku di pasaran.

  • Kondisi Pasar Bersih dan Nyaman

Kebersihan dari lingkungan pasat ini merupakan sebuah hal yang penting dan wajib untuk di perhatikan karena hal ini memiliki kaitan yang erat dengan kenyamanan dan kepuasan dari konsumen untuk belanja. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka di pasar ini aka nada petugas kebersihan dan di dalamnya juga ada penyejuk udara.

  • Membuka Lapangan Pekerjaan

Pasar jenis ini membutuhkan banyak karyawan untuk bisa melayani semua konsumennya, misalnya kasir, customer service, security, petugas kebersihan, dan masih banyak yang lainnya. Dari hal tersebutk maka akan menciptakan lapangan pekerjaan yang banyak untuk masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar.

  • Meningkatkan PDB

Seperti yang kita ketahui jika produk domestic bruto ini merupakan nilai total dari jumlah produksi barang dan juga jasa di sebuah negara dengan kurun waktu tertentu. Kehadiran pasar modern ini bisa membuat perekonomian dari negara jadi semakin terbantu.

 

Kekurangan Pasar Modern

  • Konsumen Beralih ke Pasar Modern

Karena memiliki beberapa kelebihan dari pasar ini akan membuat banyak konsumen menjadi tertarik dan banyak konsumen yang beralih, maka dari itu pembeli dari pasar tradisional bisa menjadi berkurang.

  • Terjadi Kesenjangan Ekonomi

Memiliki peralihan konsumen dari pasar tradisional ke pasar yang modern akan membuat pendapatan dari pedagang di pasar tradisional menjadi menurun. Apalagi sebagian besar pedagang ini merupakan mereka yang ada di golongan kelas menengah ke bawah, sedangkan pemilik dari pasar modern ini merupakan golongan menengah ke atas. Jadi hal ini bisa membuat kesenjangan dari segi ekonomi menjadi semakin tinggi.

  • Terjadi Eksploitasi Terhadap Pemasok

Keberadaan dari pasar modern di suatu wilayah memang bisa kita hitung dengan jari, tapi jumlah pemasoknya ini sangat banyak. Dengan banyaknya persainan dengan pihak pemasok atau distributor ini sering kali di manfaatkan untuk eksploitasi pasar, tujuannya ini supaya produk dari pemasok itu bisa di minati oleh pasar.

  • Terjadi Pengurangan Devisa Negara

Potensi sumber daya dari yang ada di pasar domestic memang lebih besar, maka dari itu aka nada pasar asing juga yang ikut masuk ke pasar yang ada di Indonesia. Kegiatan untuk penanaman moda atau investasi ini masih terus di lakukan oleh pihak asing, dan masih terus terjadi hingga saat ini. dalam jangka panjang gal ini bisa membuat penghasilan dari devisa negara menjadi berkurang. Selain itu keuntungan dari Bunga dan juga dana yang ada di dalamnya ikut berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *